Putri dan Pangeran di Tanah Keris

Putri dan Pangeran di Tanah Keris

Nov 20, 2012

Keelokan Indonesia diwakili oleh Pulau Dewata karena daya tarik wisatanya yang kuat hingga mengundang banyak wisatawan mancanegara dari segala pelosok dunia untuk berkunjung. Hal ini sungguh mengharumkan nama Indonesia di sektor pariwisata, namun demikian, tentu saja pesona Indonesia tidak terbatas pada Bali dengan segala keindahan alam dan hasil budayanya serta masyarakat yang masih menjunjung adat istiadatnya. Ikatan antara masyarakat dengan tradisinya juga dapat ditemui di seluruh penjuru Indonesia, begitu pula di Kota Yogyakarta dengan dijunjungnya tradisi yang kental kentara dan terasa. Karakteristik ragam masyarakat Yogyakarta yang terdiri dari bangsawan, orang biasa, budayawan, dan seniman, mewarnai keseharian kota yang dipenuhi aroma melankolis ini. Secara garis besar, faktor-faktor tersebut menjadikannya mirip dengan masyarakat Bali pada umumnya, terutama dengan jiwa seninya yang kuat serta tekad keras menjunjung adat secara turun-temurun, bahkan di tengah gempuran teknologi canggih dan ingar-bingar modernisasi secara global hingga ke pelosok dunia.

Karakteristik masyarakat Yogyakarta yang penuh tata krama dan etika unggah-ungguh tak dimungkiri berakar dari masyarakat kerajaan yang hingga kini masih menjadi pusat dari segala aspek hidup sehari-hari. Setiap titah raja masih dijawab dengan pernyataan sendika dhawuh demi mematuhi perintah penuh rasa percaya dan hormat pada sang pemimpin rakyat.

Kerajaan Mataram adalah cikal-bakal dan asal-usul sejarah Keraton Yogyakarta dan memberi pengaruh luar biasa bagi kehidupan masyarakatnya kini, baik sejak Mataram Hindu hingga Mataram Islam. Prambanan yang merupakan kebanggaan dan tonggak sejarah Yogyakarta pun menjadi saksi bisu tak terbantahkan bagi kukuhnya keberadaan Yogyakarta sebagai monarki serta member andil untuk turut menyajikan kisah mitologi dewa-dewi serta putri dan pangeran yang penuh mimpi dan romantis bagi dunia. Keraton Yogyakarta dan sejarahnya sudah tentu memberi pengaruh yang menonjol untuk menyandingkan kemerdekaan bagi Indonesia di peta sejarah dunia. Yogyakarta pun menjadi salah wilayah di Indonesia yang tidak melupakan peninggalan penting dan dongeng tentang putri anggun dan pangeran gagah perkasa akan terus berkumandang hingga akhir zaman. Dan itu merupakan salah satu perlambang bahwa Indonesia akan menjadi bangsa besar yang tidak akan melupakan sejarahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>