Pesona Wisata Unik Nan Cantik

Pesona Wisata Unik Nan Cantik

Nov 20, 2012

Daya pikat Yogyakarta sebagai salah satu pusat wilayah yang memiliki masyarakat lekat dengan adat tradisionalnya membuatnya juga tidak terlepas dari faktor spiritualitasnya yang kuat. Bila tertarik dengan wisata sejarah, budaya, dan religi, Imogiri dapat menjadi pilihan yang tepat. Imogiri yang berada di lereng Perbukitan Imogiri, Bantul, Jogja, dan dapat diakses dari jalan darat menggunakan transportasi darat baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti bus dan ojek. Imogiri berasal dari bahasa Sanskerta himagiri yang memiliki makna ‘gunung salju’, ini juga merupakan arti dari himalaya. Imogiri memiliki beberapa objek wisata yang kuat di tema wisata sejarah, budaya, religi, dan tradisi, walau tidak lepas pula dari wisata belanja dan kulinernya contohnya saja di Makam Imogiri dan Pasar Imogiri .

Wisata sejarah, budaya, tradisi, dan religi sekaligus, bisa didapatkan hanya di satu tempat saja, yakni di Kompleks Makam Imogiri yang juga disebut oleh masyarakat sekitar dengan Astana Imogiri atau Pasarean Imogiri. Makam Imogiri dikhususkan sebagai kompleks pemakaman Raja-raja Mataram, keluarga kerajaan, dan keturunannya yang dibangun oleh Sultan Mataram III Prabu Hanyrokrokusumo atau yang lebih populer di kalangan masyarakat luas dikenal dengan nama Sultan Agung. Hal ini menambah khazanah Sejarah Yogyakarta yang lekat dengan masyarkat monarki pada masa terdahulu. Selain itu, letaknya yang di gunung, membuat atmosfer klenik semakin terasa karena gunung sebagai perlambang kedekatan insan manusia dengan alam dan dewa serta roh-roh ataupun makhluk astral lainnya, dan ini menjadi faktor unik untuk menarik perhatian wisatawan yang mungkin juga tertarik untuk menjajal wisata horor yang kini juga tengah menjadi tren. Terutama dengan status pemakaman yang disucikan dan dikeramatkan pun ramai pada hari tertentu, yaitu Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon, ketika para peziarah datang untuk memanjatkan doa kepada Sang Mahakuasa.

Di samping itu, banyak tempat wisata lain di Imogiri yang tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi, namun dari beragam objek wisata, Pasar Imogiri bisa menjadi pilihan yang baik sebagai objek wisata belanja. Meskipun pasar tersebut merupakan pasar tradisional, tempatnya bersih, nyaman, dan aman. Metamorfosis pasar tersebut terutama karena sebagai objek wisata, Pasar Imogiri telah ternama sebagai sentra batik tradisional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>