Melihat Lebih Dekat Kompleks Candi Prambanan

Melihat Lebih Dekat Kompleks Candi Prambanan

Nov 20, 2012

Bagi sebaian dari anda, mengunjungi Prambanan atau Candi Prambanan yang terdapat di Yogyakarta mungkin merupakan satu hal yang biasa. Namun, pernahkan terpikir untuk menelusuri lebih jauh lagi mengenai detail dan bagian – bagain dari Candi Prambanan . Kompleks Candi Prambanan terdiri dari ratusan candi yang memiliki berbagai macam perlambangan dan simbol. Pertama, kompleks candi yang pertama adalah kompleks candi utama. Pintu masuk ke kompleks can di ini terdapat empat buah yang melambangkan empat penjuru mata angin. Kompleks candi prambanan terdiri atas 3 buah candi trimurti, 3 buah candi Wahana, 2 buah candi apit, 4 buah candi kelir, 4 buah candi Patok. Dan 224 candi Perwara yang berukuran kecil dan tersebar sekeliling candi utama. Sebenarnya, kompleks utama candi prambanan terdiri dari 2240 candi.

Diantara 240 candi yang menyusun kompleks Candi Prambanan, yang terbesar adalah candi Shiwa. Candi ini memiliki tinggi 47 meter dengan lebar 34 meter. Dengan ukuran yang sangat besar, candi ini bisa terlihat hingga puluhan kilometer dari candi. Bahkan, dari kompleks Candi Ratu Boko yang terdapat di atas bukit, Prambanan dapat terlihat dengan jelas, apa lagi pada saat malam hri dengan sorot lampu yang menerangi candi. Di sekitar candi terdapat relief atau pahatan yang memiliki unsur cerita dari Ramayana. Candi Shiwa memiliki lima buah ruangan yang masing – maisng memiliki arca tersendiri. Dua candi di samping candi Shiwa adalah candi Brahma dan Candi Whisnu. Kedua candi masing – masing memiliki tinggi 33 meter dan lebar 20 meter. Candi ini merupakan persembahan kepada dewa Whisnu dan Dewa Brahma.

Tepat di depan candi trimurti, terdapat Candi Wahana yang merupakan persembahan kepada kendaranan atau wahana dari ketiga dewa ini. selain ketiga candi tersebut, terdapat juga candi apit. Candi kelir, dan candi patok. Candi – candi ini masing – masing memiliki tinggi 4 meter dengan tapak denah 6 x 6 meter. Ditambah lagi di samping candi – candi ini terdapt candi kecil yang seperti kuil yang berfungsi sebagai pelimnggihan untuk meletakkan sesaji. Arsitektur Prambanan mengacu pada pedoman arsitektur hindu yang juga berpedoman pada kitab wastu sastra. Seperti halnya candi – candi yang lain di indonesia, Candi Prambanan dibuat dari batu gunung berapi yang memiliki daya tahan yang sangat lama. Karenanya, tak heran jika batu candi mampu bertahan setelah berabad – abad berdiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>