Makam Raja – Raja Keraton Yogyakarta di Makam Imogiri

Makam Raja – Raja Keraton Yogyakarta di Makam Imogiri

Nov 20, 2012

Pajimatan Girirejo Imogiri atau yang lebih populer dikenal sebagai Makam Imogiri merupakan tempat wisata yang anda di Kabupaten Bantul, Yogyakarta . Tempat ini sebenarnya adalah komples pemakaman yang dianggap kramat dan suci karena makam ini digunakan sebagai tempat pemakaman raja – raja dari Keraton Yogyakarta . Makam ini sudah berdiri sejak tahun 1632 dan dibuat oleh Sultan Mataram III yang merupakan keturunan Panempaban Senopati Mataram I. Lokasi makam ini terletak di atas bukit dan dekat dengan pasar imogiri. Saat ini, makam bersejarah ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan dan peziarah yang ingin mengenang raja – raja.

Sebelum masuk ke makam raja, anda akan menjumpai banyak anak tangga dengan kemiringan 45 derajat dan lebar sekitar 4 meter yang menghubungkan antara makam dan pemukiman. Anak tangga di Makam Imogiri jumlahnya adalah 409 anak tangga. Sebagian anak tangga mempunyai artinya masing – masing. Menurut masyarakat setempat, jika pengunjung dapat menghitung jumlah tangga dengan benar, maka keinginannya akan terkabul. Anak tangga yang menghubungkan daerah dekat masjid dan pemukiman berjumlah 32. Jumlah ini melambangkan Makam Imogiri yang dibangun pada tahun 1632 dan diambil dua angka terakhirnya. Anak tangga dari pekarangan masjid ke dekat masjid berjumlah 13 yang melambangkan Sultan Agung dingkat menjadi raja Mataram tahun 1613. Sedangkan anak tangga yang dari pekarangan masjid ke tangga terpanjang jumlahnya adalah 45 anak yangga yang melambangkan Sultan Agung wafat tahun 1645.

Di sekitar kolam juga terdapat 9 anak tangga yang melambangkan Walisongo atau sembilan wali. Makam suci ini turut berperan penting dalam sejarah keraton yogyakarta. Raja – raja yang dimakamkan di kraton ini diantaranya adalah Sultan Agung, Hamangkurat Amral, Sri Ratu Batang, dan Hamangkurat Mas. Saat pengunjung memasuki area pemakaman, ada Pendopo Supit Urang, Gapura Supit Urang, 4 Tempayan Suci, dan Tempat Juru Kunci. Sedangkan area makam juga masih dibagi menjadi tiga daerah. Daerah pemakaman ini disesuaikan dengan kedudukan raja dan bangsawan yang dimakamkan di makam ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>