Makam Imogiri Yang Tidak Pernah Sepi Oleh Pengunjung

Makam Imogiri Yang Tidak Pernah Sepi Oleh Pengunjung

Nov 20, 2012

Mengunjungi Yogyakarta merupakan ide yang sangat brilliant ketika anda bingung memutuskan tempat mana yang paling bagus untuk dikunjungi selama liburan. Daerah ini memberikana anda ribuan obyek wisata yang bisa anda kunjungi termasuk juga tempat terkenal yang bisa anda kunjungi untuk berziarah, conohnya adalah Makam Imogiri . Makam yang satu ini terkenal dengan sebutan makam para raja Mataram beserta keturunannya. Banyak orang yang berziarah ke makam ini setiap tahunnya dan makam ini memilki pesan moral yang sangat penting yaitu seorang raja yang arif dan bijaksana yang akan selalu dikenang oleh rakyatnya hingga akhir zaman nanti. Makam ini terletak di kompleks imogiri.

Sejarah Makam Imogiri ini bermula ketika sultan agung Hanyokusumo pulang dari tanah suci. Beliau mendapatkan serbuk pasir yang harum dari seorang ulama yang berpesan kepada dirinya bahwa serbuk itu harus dilemparkan kea rah selatan dan nantinya tempat itulah yang akan menjadi makam Sultan Imogiri. Kemudian Sultan Agung Hanyokusumo menyuruh salah seorang abdinya untuk melemparkan serbuk pasir tersebut ke arah selatan. Ternyata serbuk yang dilemparkan kearah seletan tersebut memberikan aroma yang harum dan kebetulan daerah yang terkena serbuk pasir tersebut adalah daerah Imogiri . Tak lama kemudian, Sultan Hanyokusumo meyuruh beberapa orang untuk membangun kawasan pemakaman Imogiri yang cukup luas pada abad ke 16. Tujuannya adalah supaya kelak makam tersebut bisa dijadikan makam beliau dan anak keturunannya.

Ketika Sultan agung wafat pada tahun 1645, beliau dimakamkan di Makam Imogiri ini dan makam tersebut menjadi induk makam yang disebut dengan Kasultanan Agung. Makam ini kemudian menjadi kompleks pemakaman yang luasnya mencapai sepuluh hektar pada abad ke 17 tepatnya tahun 1755. Bagi anda yang ingin berziarah ke makam Sultan Agung Hanyokusumo, silahkan anda mengunjungi makam yang terletak di daerah Imogiri ini. Dengan demikian anda akan bisa mengetahui sejarah lengkap mengenai seorang raja yang sangat dihormati oleh rakyatnya pada abad ke 16. Makam Imogiri sampai sekarang tidak pernah sepi dari pengunjung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>